Home » » Persiapan Menyambut ramadhan 1433H(juli-agustus 2012)

Persiapan Menyambut ramadhan 1433H(juli-agustus 2012)

assalammualaikum...Halo sobat dunia belar.,di posting kali ini saya akan membahas tentang bulan Ramdhan yang spesial.Kenapa dibilang spesial??.Karena dibulan Ramadhan ini kita mendapatkan rahmat yang besar oleh Allah SWT.Pahala kita akan ditambah berkali-kali lipat,bagi yang tuntas sampai merayakan idul fitri dosanya akan di hapuskan dan seperti anak yang baru lahir kembali. Apasih manfaat dari puasa,dan kenapa bisa dibilang malan dari seribu bulan??.Mari disimak ya sobat...





MANFAAT PUASA

1. Puasa membantu menghilangkan racun-racun yang berbahaya dalam tubuh. Oleh karena itu, puasa sering dijadikan sebagai metode untuk detoksifikasi tubuh secara alami. Hal ini karena, kondisi lambung yang kosong saat puasa akan bekerja lebih optimal saat berbuka. Ketika lambung kosong, penyerapan nutrisi akan berjalan lebih efektif sehingga mengurangi risiko penimbunan sisa makanan atau nutrisi yang tidak berhasil terserap sempurna oleh tubuh. Sehingga tubuh pun tidak lagi menyimpan tumpukan sisa makanan yang bisa membusuk.

2. Dengan berpuasa, memberi waktu bagi tubuh dan sistem pencernaan untuk beristirahat. Dengan begitu, organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung serta usus bisa bekerja lebih baik dan maksimal ketika Anda mulai mengonsumsi makanan lagi.

3. Puasa juga membantu meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan, adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

4. Puasa bisa mengatasi tekanan darah tinggi tanpa pengobatan medis. Selain itu juga menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal.

5. Pengurangan konsumsi air selama puasa, bisa membantu mengatasi akumulasi cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses 'pengeringan' ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami saat seseorang mengalami menstruasi.

6. Meskipun tidak terlalu signifikan, puasa juga bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan berlebih. Dengan berpuasa, otomatis kita akan menahan keinginan untuk ngemil dan frekuensi makan juga berkurang. Tapi ingat, proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.



Arti malam dari seribu bulan :

Malam Lailatul Qadar adl malam yg dimuliakan Allah. Allah menamai dgn Lailatul Qadar menurut sebagian pendapat krn pada malam itu Allah mentakdirkan ajal rizki dan apa yg terjadi selama satu tahun dari aturan-aturan Allah . Hal ini sebagaimana Allah  firmankan:
Pada malam itu dijelaskan segala urusan yg penuh hikmah.
Di dlm ayat tersebut Allah menamai Lailatul Qadar krn sebab tersebut. Menurut pendapat lain disebut malam Lailatul Qadar krn malam tersebut memiliki kedudukan yg tinggi di sisi Allah. Allah menyebut sebagai malam yg berkah sebagaimana firman-Nya:
Sesungguh kami menurunkan pada suatu malam yg diberkahi dan sesunggunh kami-lah yg memberi peringatan.
Allah juga memuliakan malam ini dlm firman-Nya:
Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lbh baik dari seribu bulan.
Maksud amalan di malam yg barakah ini menyamai pahala amal seribu bulan yg tdk ada Lailatul Qadar padanya. Seribu bulan sama dgn 83 tahun lebih. Ini menunjukkan keutamaan malam yg besar ini. Oleh karena Nabi  berusaha mencari malam Lailatul Qadar. Beliau bersabda:
“Barang siapa shalat di malam Lailatul Qadar krn keimanan dan mengharapkan pahala mk dia akan diampuni dosa yg telah lampau ataupun yg akan datang.”
Allah juga mengabarkan bahwa pada malam itu malaikat Jibril dan ruh turun. Ini menunjukkan betapa besar dan penting malam ini krn turun malaikat tdk terjadi kecuali utk perkara yg besar. Kemudian Allah mensifati malam itu dgn firman-Nya:
Malam itu kesejahteraan sampai terbit fajar.
Allah  mensifati malam tersebut dgn malam keselamatan. Ini menunjukkan kemuliaan kebaikan dan keberkahannya. Orang yg terhalangi dari kebaikan malam itu berarti terhalangi dari kebaikan yg sangat banyak. Inilah keutamaan-keutamaan yg besar pada malam barakah ini.
Akan tetapi Allah  menyembunyikan di bulan Ramadhan agar seorang muslim bersungguh-sungguh mencarinya. Sehingga amal semakin banyak dan dgn itu ia menggabungkan antara banyak amal di seluruh malam-malam Ramadhan dan bertepatan dgn malam Lailatul Qadar dgn segala keutamaan kemuliaan dan pahalanya. Sehingga dgn itu ia mengumpulkan antara dua kebaikan. Ini merupakan karunia Allah atas hamba-hamba-Nya.
Ringkas bahwa Lailatul Qadar adl malam yg besar dan berkah. Juga merupakan ni’mat dari Allah yg mendatangi seorang muslim di bulan Ramadhan. mk jika dia diberi taufik utk memanfaatkan dlm kebaikan ia akan mendapatkan pahala yg besar dan kebaikan yg banyak yg sangat dia butuhkan.
Kapan Malam Lailatul Qadar Itu?
Terdapat riwayat dari Nabi  bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam 21 malam 23 malam 25 malam 27 atau malam 29 dan akhir malam bulan Ramadhan.
Al-Imam Asy-Syafi’i berkata: “Ini menurut saya wallahu a’lam krn Nabi menjawab sesuai dgn pertanyaannya. Dan pendapat yg paling kuat bahwa itu terjadi pada malam-malam yg ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan berdasarkan sabda Nabi dari ‘Aisyah  bahwa Nabi beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau mengatakan:
Carilah Lailatul Qadar pada malam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.”
Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar
Dari Ubai ia berkata Rasulullah bersabda:
Pagi hari dari malam Lailatul Qadar matahari terbit tanpa sinar seperti bejana dari tembaga sampai tinggi.
Dari Ibnu ‘Abbas ia berkata bersabda Rasulullah :
Lailatul Qadar adl malam yg tenang cerah tdk panas dan tdk dingin matahari terbit di pagi hari lemah dan berwarna merah.
Wallahu a’lam. 


0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2010-2012 Dunia belajar