Home » » Kambing

Kambing

Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah "Bulan sabit yang subur" dan Turki) dan Eropa. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. Umumnya, kambing mempunyai jenggot, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter - 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter - 15 sentimeter. Bobot yang betina 50 kilogram - 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kilogram. Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur sampai India, dan dari India ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu-batu.
Kambing sudah dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Pengolahan daging
Tidak semua gulai kambing memiliki rasa dan aroma yang sedap. Terkadang ada gulai kambing yang masih berbau kambing menyengat. Ada beberapa tips agar bau kambing hilang. Yakni dengan menggunakan beragam bumbu rempah yang kom­plit seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk purut. Selain itu, pastikan air mendidih terlebih dahulu, ba­ru masukkan daging.
Setelah itu, kita juga harus sabar dalam merebus daging. Untuk menghasilkan daging yang empuk memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah daging empuk, berikan sentuhan terakhir dengan me­masukkan santan kental dan masak hingga mendidih.
Untuk olahan gulainya biasanya meng­gunakan jeroan, iga, dan lemusir.

Manfaat

Pada umumnya, orang kerap kali menghindari daging kam­bing karena memandang da­ging sebagai pemicu hipertensi. Tapi, ternyata daging kambing yang lezat mengandung lemak dan kalori yang lebih rendah ketimbang daging ternak lain.
Dalam 100 gram daging kambing, terdapat 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh. Se­dangkan, pada 100 gram daging sapi terdapat 207 kalori, 14 mg lemak, dan 51 mg lemak jenuh. Selain itu, daging kambing juga salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Vitamin B akan membantu tubuh membakar lemak, sedangkan kolin dan selenium mampu menangkal kanker.


0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2010-2012 Dunia belajar